AZAS-AZAS PENGORGANISASIAN KANTOR
Asas- Asas Pengorganisasian kantor
Menurut Dr. Sedarmayanti, M.Pd. Dalam bukunya Manajemen Perkantoran. Asas-asas Pokok Pengorganisasian adalah sebagai berikut:
a. Asas Pembagian Tugas
Asas dalam pembagian tugas menentukan perlunya tugas untuk
dibagi habis sehingga dapat dijamin adanya bagian yang
bertanggung jawab dalam menyelenggarakan tugas termaksud.
Oleh karena itu maka perlu adanya perumusan tugas yang jelas
sehingga dapat dicegah duplikasi, benturan dan kekaburan.
b. Asas Fungsionalisasi
Asas ini menentukan bahwa dalam penanganan suatu masalah dan dalam rangka mewujudkan koordinasi yang mantap antar kegiatan, maka bagian fungsional berkewajiban memprakarsainya.
c. Asas Koordinasi
Asas ini menekankan perlunya setiap bagian menserasikan,memadukan dan menyelaraskan baik dalam kegiatan, waktu,maupun perumusan kebijakan serta pengawasan, pemrogramandan penganggaran, pengendalian serta pengawasan tugas dan fungsi yang diembannya.
d. Asas Kesinambungan
Asas kesinambungan mengharuskan bahwa tugas-tugas harus berjalan secara terus menerus sesuai dengan kebijakan dan program yang telah ditetapkan, tanpa tergantung pada diri pejabat tertentu.
e. Asas Akrodion
Asas akrodion menentukan bahwa organisasi dapat berkembang atau mengecil sesuai dengan tuntutan tugas dan beban kerjanya.
f. Asas Pendelegasian Wewenang
Asas ini mengharuskan setiap pimpinan untuk melimpahkan sebagian tugas dan kewenangannya kepada pejabatbawahannya.
g. Asas Keluwesan
Asas keluwesan menghendaki agar organisasi selalu mengikuti danmenyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan keadaan, sehingga dapat dihindarkan kekakuan dalam pelaksanaan tugas.
h. Asas Rentang Pengendalian
Dengan asas rentang pengendalian ini dimaksudkan agar dalam menentukan jumlah satuan organisasi atau orang yang dibawahi oleh seorang pejabat pimpinan, diperhitungkan secara rasional mengingat terbatasnya kemampuan seorang pimpinan, atasan dalam mengadakan pengendalian terhadap bawahnya.
Komentar
Posting Komentar