AZAS-AZAS PENGORGANISASIAN KANTOR

Asas- Asas Pengorganisasian kantor

Menurut Dr. Sedarmayanti, M.Pd. Dalam bukunya Manajemen Perkantoran.  Asas-asas Pokok Pengorganisasian adalah sebagai berikut:
  a. Asas Pembagian Tugas
  Asas dalam pembagian tugas menentukan perlunya tugas untuk
  dibagi habis sehingga dapat dijamin adanya bagian yang
  bertanggung jawab dalam menyelenggarakan tugas termaksud.
  Oleh karena itu maka perlu adanya perumusan tugas yang jelas
  sehingga dapat dicegah duplikasi, benturan dan kekaburan.
  b. Asas Fungsionalisasi

  Asas ini menentukan bahwa dalam penanganan suatu masalah dan dalam rangka mewujudkan koordinasi yang mantap antar kegiatan, maka bagian fungsional berkewajiban memprakarsainya.
c. Asas Koordinasi
  Asas ini menekankan perlunya setiap bagian menserasikan,memadukan dan menyelaraskan baik dalam kegiatan, waktu,maupun perumusan kebijakan serta pengawasan, pemrogramandan penganggaran, pengendalian serta pengawasan tugas dan fungsi yang diembannya.
d. Asas Kesinambungan
  Asas kesinambungan mengharuskan bahwa tugas-tugas harus berjalan secara terus menerus sesuai dengan kebijakan dan program yang telah ditetapkan, tanpa tergantung pada diri pejabat tertentu.
e. Asas Akrodion
  Asas akrodion menentukan bahwa organisasi dapat berkembang atau mengecil sesuai dengan tuntutan tugas dan beban kerjanya.
f. Asas Pendelegasian Wewenang
  Asas ini mengharuskan setiap pimpinan untuk melimpahkan sebagian tugas dan kewenangannya kepada pejabatbawahannya.
g. Asas Keluwesan
  Asas keluwesan menghendaki agar organisasi selalu mengikuti danmenyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan keadaan, sehingga dapat dihindarkan kekakuan dalam pelaksanaan tugas.
h. Asas Rentang Pengendalian
  Dengan asas rentang pengendalian ini dimaksudkan agar dalam menentukan jumlah satuan organisasi atau orang yang dibawahi oleh seorang pejabat pimpinan, diperhitungkan secara rasional mengingat terbatasnya kemampuan seorang pimpinan, atasan dalam mengadakan pengendalian terhadap bawahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERATURAN MENGINDEKS

PENYIMPANAN ARSIP SISTEM WILAYAH

PEMELIHARAAN PERALATAN KANTOR