FUNGSI MENU DAN IKON DALAM POWERPOINT

Microsoft  Office Buttom : berada dipojok kiri atas jendela kerja Ms Power Point yang berfungsi untuk membuka menu. Ms office buttom berisi fungsi-fungsi utama dari file seperti New, Open, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close..
Keterangan :
1.      New berfungsi untuk membuka lembaran baru
2.      Open berfungsi untuk membuka file yang tersimpan
3.      Save berfungsi untuk menyimpan file begitupun save as (menyimpan file pertama kali diberbagai tipe file)
4.      Print berfungsi untuk mencetak file
5.      Prepare berfungsi menyiapkan presentasi
6.      Publish berfungsi mempublikasi presentasi
7.      Send berfungsi untuk mengirim file lewat email atau sejenisnya
8.      Close berfungsi untuk menutup lembar kerja
Quick Access Toolbar berisi shortcut untuk fungsi save, Undo dan Repeat.
Keterangan :
1.      Save berfungsi untuk menyimpan file
2.      Undo berfungsi untuk membatalkan suatu perintah yang dilakukan
3.      Repeart berfungsi untuk membatalkan perintah yang terlanjur dibatalkan
Title Bar merupakan bagian dari elemen layar power point yang menampilkan nama program yang sedang aktif.
Ribbon Tabs merupakan kumpulan beberapa kelompok perintah dari tabs terdiri dari beberapa groups, diantaranya Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review dan View.
Keterangan sebagai berikut :
Ø  HOME
Dalam ribbon tab home terdiri dari beberapa tool group diantaranya
1.      Group Clipboard terdiri dari :
1.      Paste untuk menempelkan hasil paste atau cut
2.      Cut untuk memotong teks atau objek tampilan
3.      Copy untuk menggandakan teks atau objek terpilih
4.      Format painter digunakan untuk meniru format halaan dokumen ke dalam dokumen lainya.
2.      Group Slide terdiri dari :
1.      New slide untuk menyisipkan slide yang baru
2.      Layaout untuk menentukan tata letak slide
3.      Resert untuk menduplikasi slide
4.      Delete untuk menghapus slide
3.      Group Font terdiri dari :
1.      Font untuk mengubah jenis huruf
2.      Fontsize untuk mengganti ukuran huruf
3.      Increase fontsize untuk membesarkan huruf
4.      Decrease fontsize untuk mengecilkan huruf
5.      Clear all formatting untuk mengembalikan teks seperti semula
6.      Bold untuk membuat karakter huruf menjadi tebal
7.      Italic untuk membuat karakter huruf menjadi miring
8.      Underline untuk membuat karakter huruf menjadi garis bawah
9.      Striketrough untk menggambar atau membuat garis ditengah kalimat yang dipilih
10.  Text shadow untuk memberikan efek pada tulisan
11.  Character spasing untuk menatur jarak antara huruf yang satu dengan yang lainya.
12.  Change case untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf capital dan sebaliknya
13.  Font color untuk member warna latar belakang
4.      Paragraph terdiri dari :
1.      Bullets untuk menomorkan dengan menggunakan bentuk2 geometris
2.      Numbering utuk membuat penomoran
3.      Decrease list level untuk menggeset teks ke kiri
4.      Increase list level untuk menggeser teks ke kanan
5.      Line spasing untuk mengatur spasi
6.      Align text left untuk meratakan teks sebelah kiri
7.      Center untuk penempatan teks ditengah
8.      Align text right untuk meratakan teks sebelah kanan
9.      Justify untuk meratakan teks sebelah kiri dan kanan
10.  Distributed
11.  Left-To-Right Text Direction  untuk menggeser teks dari sebelah kiri ke kanan
12.  Right-To-Left Text Direction untuk menggeser teks dari sebelah kanan ke kiri
13.  Columns untuk  membagi lembar kerja menjadi beberapa bagian
14.  Text Direction untuk mengubah  arah teks
15.  Align Text untuk mengubah tempat posisi teks
16.  Convert To SmartArt Grapic untuk mengubah teks menjadi diagram
5.      Drawing tediri dari :
1.      Shapes untuk membuat objek shape
2.      Arrage untuk mengatur posisi dan rotasi objek
3.      Quick styles untuk memberikan visual style
4.      Shape fill untuk memberi background warna pada objek
5.      Shape outline untuk member warna pada bingkai pada objek
6.      Shape effect untuk memberikan efek pada objek
6.      Editing terdiri dari :
1.      Find untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2.      Replace untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3.      Select digunakan untuk memilih objek tertentu dalam suatu file 
Ø  INSERT
Dalam ribbon insert terdiri dari beberapa group, diantaranya sebagai berikut :
1.      Table untuk membuat atau menempatkan table slide
2.      Illustrations terdiri dari :
1.      Picture untuk menyisipkan gambar pada slide
2.      Clipart sama halnya picture
3.      Photo album untuk mengambil gambar atau menambahkan gambar dari file lain yang ada di komputer
4.      Shapes membuat bentuk sesuai kebutuhan presentasi
5.      Smarart untuk menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram
6.      Chart untuk menyisipkan grafik dalam slide
3.      Link terdiri dari :
1.      Hyperink untuk menghubungkan satu bagian dengan bagian lain
2.      Action
4.      Text terdiri dari :
1.      Text book Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai
2.      Headher and Fother Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide
3.      WordArt Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik
4.      Date and Time Menempatkan atau menyisipkan tanggal dan waktu pada slide
5.      Slide number memberikan nomer pada lembar kerja
6.      Symbol untuk menyisipkan sebuah simbol
7.      Object Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5.      Media clips terdiri dari :
1.      Movie Menyisipkan vidio pada slide
2.      Sound Menyisipkan suara pada slide 
Ø  DESIGN
Dalam ribbon design terdiri dari beberapa group diantaranya sebagai berikut :
1.      Page setup terdiri dari :
1.      Page setup : Mengatur ukuran slide
2.      Slide Orientation : Mengatur orientasi slide
2.      Themes terdiri dari :
1.      Colours Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
2.      Fonts untuk memberikan warna pada huruf
3.      Effect untuk memberikan efek warna
3.      Background terdiri dari :
1.      Background Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide
2.      Hide background graphics untuk menghilangkan dan memunculkan efek gambar pada background 
Ø  ANIMATIONS
Dalam ribbon animation terdapat beberapa group diantaraya sebagai berikut:
1.      Preview berfungsi untuk melihat tampilan slide atau dokumen yang telah dibuat
2.      Animations memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
3.      Transtation to this slide untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat terdiri dari :Transtation sound, Transtation speed, Apply to all, Advance slide terdiri dari (on mouse click dan automatically after)
Ø  SLIDE SHOW
Dalam ribbon slide show terdapat beberapa group diantaranya sebagai berikut :
1.      Star slide show terdiri dari :
1.      From beginning : Menjalankan slide mulai dari posisi awal hingga akhir slide
2.      From current slide : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yang sedang dipilih hingga akhir slide
3.      Custom slide show : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan
2.      Set Up mengatur tampilan terdiri dari :
1.      Hide slide : Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
2.      Rehearse Timings : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakan waktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
3.      Record narration dan rehearse thimings
3.      Monitors terdiri dari resolution, show presentation on, use presenter view
Ø  REFIEW
Dalam ribbon review terdiri dari beberapa group diantaranya :
1.      Proofing : digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
2.      Comments : Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
3.      Protect : Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat
Ø  View
Dalam ribbon view terdiri dari beberapa group diantaranya :
1.      Presentations view terdiri dari :
1.      Normal : Menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi slide dan catatan pada slide tersebut
2.      Slide Sorter : Menampilkan secara keseluruhan dari slide yang Anda buat dalam bentuk miniature
3.      Notes Page : Menampilkan slide lengkap dengan catatan atau keterangan tambahan dari setiap slide. Catatan ini digunakan untuk membantu dalam memberikan penjelasan dari setiap point atau bagian pada slide
4.      Slide Master : Menempatkan dan menambahkan sesuatu, baik teks maupun objek yang akan ditempatkan pada setiap slide yang akan dibuat
5.      Hand out master dan notes master
2.      Show / hide terdiri dari :
1.      Ruller untuk menampilkan atau menyembunyikan garis tabulasi
2.      Gridlines
3.      Message bar
3.      Zoom terdiri dari :
1.      zoom untuk menentukan pengaturan ukuran jendela kerja
2.      fit to window (menentukan tampilan slide presentasi dengan tampilan menyesuaikan dengan jendela power poin)
4.      Color/Grayscale terdiri dari color, Grayscale,pure black and white
5.      Window terdiri dari new window, move split,cascade,arangeAll
6.      Macros

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERATURAN MENGINDEKS

PENYIMPANAN ARSIP SISTEM WILAYAH

PEMELIHARAAN PERALATAN KANTOR