UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI PERKANTORAN

UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI


A.    Unsur Administrasi menurut The Liang Gie:
1.      Unsur statis:
a.        Organisasi
b.      Manajemen
c.       Komunikasi
d.      Informasi
e.       Personalia
f.       Finansia
g.      Materia
h.      Relasi Publik
2.      Unsur dinamis:
a.       Tata keragaan
b.      Tata pimpinan
c.       Tata hubungan
d.      Tata keterangan
e.       Tata kepegawaian
f.       Tata keuangan
g.      Tata perbekalan
h.      Tata humas
B.     Unsur administrasi secara umum
  1. Organisasi
  2. Manajemen
  3. Komunikasi
  4. Kepegawaian
  5. Keuangan
  6. Perbekalan
  7. Ketatausahaan
  8. Hubungan masyarakat
C.     Uraian unsur-unsur administrasi:
1.      Organisasi  proses kegiatan yang berkenaan dengan pengaturan, penyususnan, pembagian kerja dari suatu usaha kerjasama unutk mencapai tujuan tertentu.
2.      Manajemen adalah aktivitas menggerakan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas unutk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
3.      Komunikasi adalah suatu prose transaksi yang mengandung arti dari kemunikator ke komunikan untuk mencapai tuhuan tertentu. Adapun unsur-unsur komunikasi diantaranya komunikan, komunikator, media/saluran, pesan, gangguan, dan umpan balik.  
4.      Kepegawaian adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan pengurusan tenaga kerja manusia yang dimulai sejak dari penrimaan, pengankatan, penempatan, pembibimbingan, pengarahan, pemberihentian, pemindahan,/promosi, sampai dengan pemberhentian/pensiun/tidak pensiun.
5.      Keuangan adalah suatu kegiatan usaha kerjasama sari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang berkaitan dengan pembiayaa atau uang.
6.      Perbekalan adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengurusan barang-barang
7.      perbekalan yang dapat membawa terlaksananya suatu kegiatan dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
8.      Ketatausahaan adalah kegiatan yang berkenaan dengan penyediaan bahan-bahan keterangan yang diperlikan dalam kegiatan usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
9.      Hubungan masyarakat adalah kegiatan yang berkenaan dengan usaha utnuk menjaga adanya hubungan baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain dan juga masyarakat sekitar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERATURAN MENGINDEKS

PENYIMPANAN ARSIP SISTEM WILAYAH

PEMELIHARAAN PERALATAN KANTOR